Seperti yang
telah disebutkan pada artikel sebelumnya (Pengertian Multimedia), multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara,
animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer .
Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia
interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan
fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia.
Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen
terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive
Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah
media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari
pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan
multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna
diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan.
Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah
multimedia disebut Multimedia Developer.
Tujuan
Dasar Multimedia
Pemanfaatan
multimedia memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut,
·
Meningkatkan efektifitas penyampaian
informasi
·
Mendorong partisipasi, eksploitasi dan
interaksi pemakai
·
Merancang panca indra, karena bersifat
visual
·
Memberikan kemudahan pemakaian.
Elemen
– elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu
menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara
lain :
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia
yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah,
disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada
beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper
text. Plain Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk
kode ASCII.
- Plain text tidak terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
- Rich format text merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
- Hypertext, biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML
2. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar
yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian dan
terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang bergerak. Animasi
lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
3. Grafik
Grafik sangat baik dalam
mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun
bentuk gambar lain baik dua dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan
pembentukkaannya, jenis grafik terbagi dua macam yaitu
- Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai
sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau pixel dan warna.
Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna.
Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau gambar yang
rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar
karena grafik disimpan per pixel.
- Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk
dari hitungan matematika sebagai dasar untuk menampilkan grafik.
Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua dimensi (persegi, elips,
lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran , ketebalan
dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya.
Selain itu apabila diperbesar (zooming) , vektor tidak mengalami perubahan
kehalusan grafik.
4. Gambar
Gambar merupakan suatu
objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang
berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi tiga jenis
yaitu visible image, non visible image dan abstract
image.
- Visible image : gambar yang terlihat seperti lukisan , foto
- Non visible image : suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis pengukur lainnya
- Abstrak : gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
5. Suara
Pengunaan suara atau audio ke
dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin
diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya
untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa
didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik
dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI
dan WAVE.
MIDI ( Musical
Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang
berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak dapat
memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara manusia,
suara tetesa air dan lain-lain
WAVE merupakan jenis format
musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara
apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
6. Video
Video seperti layaknya animasi
namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam
secara langsung. Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya
seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya , video
menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam
Multimedia
- RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna
additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam
tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan
fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena
warna latar belakang komputer adalah hitam.
- CMYK ( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK (adalah kependekan
dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna utamanya (black-hitam),
dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan
mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan yang sering
dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan untuk menjelaskan
proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari setiap tempat
pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan pihak-pihak yang
terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan urutan dari
singkatan tersebut.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar