Pada zaman sekarang yang segala sesuatu dengan
menggunakan teknologi tidak lepas dari multimedia yang melengkapi teknologi
tersebut, itu kenapa multimedia mempunyai peranan yang penting dari segala
aspek, karena multimedia merupakan pemicu (triggers) pembaca memperoleh
sesuatu yang 'lebih' dibandingkan topik yang dipelajari. Tidak hanya itu peranan
multimedia akan sangat efektif dalam penyampaian informasi; faktanya menurut Computer
Technology Research (CTR):
- Orang mampu mengingat 20% dariapa yang dilihat
- Orang mampu mengingat 30% dariapa yang didengar.
- Orang mampu mengingat 50% dariapa yang didengar, dilihat dan dilakukan
Pemanfaatan Multimedia
Pemanfaatan Multimedia. Dengan adanya multimedia
terdapat banyak manfaat yang dapat digunakan dalam berbagai aspek.
- Education
Pada dunia pendidikan peranan multimedia sangat
membantu dalam mempermudah pembelajaran siswa, guru dan dosen dalam
menyampaikan dan menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial,
Ensiklopedia (Misal Microsoft Encarta) dengan demikian para siswa tidak
jenuh dan merasa bosan dengan materi yang disampaikan secara monoton melalui
suara, tapi ada tambahan dengan menyajikan gambar dan video dengan menggunakan
sarana multimedia ini. Sehingga para siswa memliki ketertarikan guna
memepelajari lebih dalam materi apa yang disampaikan oleh guru ataupun dosen.
2. Information
Penyebaran informasi yang baik dan cepat sangat
menunjang suatu informasi itu sendiri, dengan menggunakan multimedia informasi
dapat diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan cepat ditangkap,dengan
penyediaan multimedia dalam bidang informasi tampat dan informasi yang kita
cari dapat mudah diakses dan memberi daya tarik lebih. Contohnya pada
pariwisata, Museum, Galeri Seni, Seminar, dll
3. Entertainment
Hiburan sangatlah penting dalam kehidupan manusia,
setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia membutuhkan hiburan
yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya multimedia hiburan dikemas
dengan sangat menarik Conothnya, Games, Seni dan pertunjukan.
4. Medical
Pada dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan
sangat penting dan membantu para dokter untuk menentukan penyakit dan
mendiagnosanya, Contoh pemanfaatan multimedia pada kedokteran yaitu, X-Ray
Scanner. Selain itu dapat mempermudah Dokter dan perawat dalam memonitor
kesehatan pasien contohnya seperti memonitor detak jantung pasien lewat monitor
komputer, aliran darah dan memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
5. Advertisement
Pemanfaatan Mulimedia pada periklanan memberikan dayak
tarik lebih terhadap konsumen, karena dengan menggunakan multimedia, iklan akan
terlihat sangat menarik untuk diperhatikan selain menggunakan teks ditambah
dengan menggunakan efek suara, gambar, video dan animasi yang canggih
akan menambah nilai lebih dari suatu iklan. Contoh pemanfaatan multimedia pada
iklan yaitu, iklan televis, bandara, hotel dan lain lain.
- 6. Business
Pengimplementasian multimedia dalam lingkup bisnis
mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo produk, database
catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video Confrence dalam waktu
dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area
Network).
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
Presentasi pagi hari yang membosankan dari slide 35 mm dan OHP (Overhead Proyektor) yang disampaikan dari sebuah divisi penjualan, akan segera digantikan oleh presentasi multimedia yang penuh dengan variasi. Para manajer dapat mempresentasikan ide-idenya lebih dari sekedar teks biasa dan menarik perhatian atasannya.
Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Jika semakin banyak perusahaan dan masyarakat bisnis yang menggunakan kemampuan multimedia, biaya instalasi multimedia menjadi berkurang, akan banayk aplikasi yang dibuat baik oleh divisi perusahaan itu maupun oleh pihak ketiga yang pada akhirnya mengakibatkan proses bisnis menjadi semakin efisien.
- Production
Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk merancang dan
merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin bahkan dapat
pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan
berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
- Pelayanan Keuangan
Bidang pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan
personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan. Contohnya
adalah situs SmartMoney.com.
Disamping itu seorang ahli yang bernama Vaughan
(2004,p4) menyatakan teorinya bahwa penerapan Multimedia dalam kehidupan
sehari-hari yaitu dalam :
- Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan – perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar. - Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti selama
ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya. - Rumah
Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4.
Tempat umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa
kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan,
museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna
untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang
bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan
wilayah kios informasi tersebut
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar